#DIRUMAHAJA



Seketika dunia telah berubah, berbeda dari biasanya. Aktivitas yang biasanya kita lakukan dengan normal sekarang harus benar-benar menyesuaikan dengan keadaan saat ini dimana kita sedang mengalami pandemi virus covid-19.  Situasi darurat covid-19 ini sangat menyita perhatian, waktu dan tenaga kita dalam beraktivitas yang biasanya kita lakukan di luar rumah namun kita harus  penyesuaian yang mau tidak mau harus kita lakukan dengan berdiam diri dirumah saja. Banyaknya aktivitas yang kita lakukan dan beberapa pekerjaan yang harus kita selesaikan, kita tidak bisa hanya berdiam diri dirumah, merenung dan hanya rebahan. Seluruh instansi serentak menerapkan WFH (work from home) sebagai bentuk upaya pencegahan penularan virus covid-19 dengan memfasilitasi berbagai pertemuan melalui daring atau via online.
Saya sebagai mahasiswa tingkat akhir juga yang tidak dapat pulang kampung karena khawatir akan penularan virus covid-19 ini, saya harus tetap berada di kos. Selama di kos-kosan, saya melakukan berbagai kegiatan agar diri saya tidak stress. Aktivitas yang saya lakukan selama kondisi pandemi yakni menulis buku, berkonsultasi skripsi untuk persiapan sidang dengan dosen via daring, mengikuti berbagai kelas online. Selain itu saya melakukan aktivitas seperti biasanya seperti mencuci baju, memasak sendiri karena banyak warung yang tutup, membersihkan kamar, workout dan membaca buku tentunya. Ketika saya kesepian, saya juga masih bisa menghubungi keluarga dan teman-teman via online. Sebisa mungkin saya berusaha untuk tidak stress dan panik menghadapi pandemi ini agar imunitas saya tidak turun sehingga saya dapat tetap aktif melakukan kegiatan dan tetap berprogres.
Apapun peristiwa yang menimpa kita pasti ada hikmah dibaliknya. Adanya pandemic virus covid-19 ini merupakan sebuah teguran untuk kita semua sebagai hamba Allah yang senantiasa terlalu sibuk dengan dunia. Dengan penerapan social distancing yang kita alami saat ini membuat kita menjadi lebih banyak introspeksi diri, kita jadi lebih mengenal diri sendiri secara mendalam tanpa intervensi berlebih dari luar. Kita lebih banyak waktu dirumah dan memberikan diri ruang untuk berdamai dengan diri sendiri melalui berbagai kegiatan yang kita lakukan di rumah.


Komentar

Postingan Populer